Minggu, 20 Mei 2012

Anggrek Ungu di Puspa Agro

Weekend minggu lalu, awalnya tak ada program spesial yang kami sekeluarga buat untuk mengisi hari libur kecuali kegiatan rutin mengunjungi Mertua di Sepanjang Sidoarjo, tapi kunjungan kali ini menjadi berbeda ketika sore harinya kita sekeluarga ada ide buat jalan-jalan sore ke Puspa Agro yang lokasinya  sekitar 1 km dari rumah mertua.

Bukan pertama kalinya bagi saya berkunjung ke Puspa Agro yang berlokasi di Desa Jemundo Taman Sidoaro yang merupakan Pasar Induk Agribisnis terbesar si Indonesia yang menempati area seluas 50 hektar, hanya sekedar jalan-jalan atau cuci mata ngeliat produk-produk pertanian segar seperti bawang merah, bawang putih, segala macam rempah-rempah serta sayur dan buah-buahan segar yang baru dikirim dari pekebun.

Puspa Agro memiliki beberapa komplek bangunan yang menjual aneka macam produk, setiap komplek memang dikhusukan untuk menjual satu macam produk, misal komplek Pasar Buah yang khusus menjual buah, komplek Pasar Sayuran yang khusus menjual sayur dan rempah-rempah, serta Komplek Pasar Daging dan ikan yang khusus untuk berjualan produk daging dan ikan.

Salah Satu Komplek di Pasar Agro


Yang paling menarik bagi saya dari Puspa Agro ini adalah di bagian belakang dari Pasar ini, kita bisa mendapati Green House yang di dalamnya berisi aneka bibit buah serta aneka tanaman hias.
walaupun dah sering kesana entah mengapa Green House yang terletak di bagian paling belakang pasar ini luput dari perhatian saya, baru minggu kemarin saya tahu ternyata di bagian belakang pasar induk agro ini terdapat beberapa bangunan green house yang ditanami aneka buah, sayur, serta tanaman hias.

Tak ayal lagi, aku langsung meluncur masuk ke lokasi green house, dan wow....seketika mataku tertambat pada keindahan jajaran tanaman anggrek warna-warni yang sedang mekar berbunga. (benar-benar bikin mata segar !!)



Masya Allah.....sungguh keindahan yang tak mampu dilukiskan dengan kata-kata, melihat beraneka macam tanaman hias yang cukup lengkap koleksinya.

Walaupun tujuanku kesana cuman sekedar jalan-jalan doank tanpa membeli apapun, aku merasa puas, apalagi Pasar ini bersih dan terawat, bukan seperti pasar-pasar tradisional pada umumnya. Bisa buat belanja juga buat rekreasi keluarga. Tempatnya asyik, sudah dilengkapi Masjid yang cukup besar di area Pasar serta area parkir yang sangat luas. 

Ternyata Pasar Induk Puspa Agro ini jadi tempat pemberhentian bagi para wisatwan dari berbagai daerah yang ingin sekedar membeli oleh-oleh buat dibawa pulang. Jadi tak heran kalau di area parkir akan kita jumpai banyak bus-bus wisata yang membawa wisatawan dari luar daerah.

nampang bentar ya
Pisang Kipas

Gelombang Cinta


2 komentar:

  1. Kalau ingin membeli anggrek paling aman dan bijak adalah hasil budidaya sepertyi ini. Jangan malah membeli anggrek hasil tangkapan dari alam liar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas.....klo anggrek liar ntar jadi merusak lingkungan, makasih yah...ats kunjungannya.

      Hapus